PROGRAM PENGEMBANGAN KETAKWAAN SMPN 1 KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017
A.
Latar Belakang
Ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa adalah muara akhir bagi setiap
insan yang ingin menjadi yang terbaik serta memperoleh kemuliaan di sisi Alloh
Subhanahu wa ta’ala. Sebagaimana diberitakan olehNya : “bahwa sesungguhnya
orang yang paling mulia diantara kamu sekalian di sisi Alloh Swt adalah orang
yang paling takwa diantara kamu sekalian”.
Manusia takwa adalah mereka yang mempunyai karakter Iman atau yakin
tentang adanya perkara yang ghoib (iman kepada Alloh, Malaikat, syetan, surga
dan neraka dan perkara ghoib lainnya), menegakkan sholat, menginfakkan
sebagaian rizki yang dikaruniakan Alloh ta,ala kepadanya, percaya kepada Al
Qur’an sebagai petunjuk hidup yang diturunkan melalui rosul Muhammad Sholallohu
‘Alaihi Wasalam, mempercayai bahwa Alloh Ta’ala juga telah menurunkan
kitab-kitab sebelumnya, dan mereka yang meyakini bahwa akherat adalah alam
abadi tempat kembalinya kelak.
Sosok manusia muttaqin adalah juga orang-orang yang tetap peduli
kepada orang lain baik di kala longgar maupun di saat sempit, yang mampu
mengendalikan amarah, suka memaafkan kesalahan orang lain, suka banyak mohon
ampunan atas dosa dan kesalahannya
kepada Alloh yang maha pengampun serta bertekad kuat untuk tidak
mengulangi dosa dan kesalahannya itu, kemudian
banyak berdzikir mengingatNya. Mereka itulah orang-orang terpilih yang
akan dikaruniai Alloh ta’ala rahmatNya, ampunanNya serta tempat kembali yang
membahagiakan dan menyenangkan tanpa batas waktu.
Grant desain SMPN 1 Karangrejo dengan programnya, sekolah yang
bernuansa pesantren, ingin menyiapkan siswa-siswa mempunyai standar ketakwaan
yang semakin meningkat baik, yang terwujud dalam semangat ketaatan ibadahnya
serta tercermin dalam akhlak karimahnya atau budi pekertinya yang baik. Dengan
ibadah yang baik, serta akhlaknya yang mulia diyakini prestasi-prestasi yang
lain akan lebih mudah digapai.
B.
Tujuan
Tujuan bidang pengembangan ketakwaan ini secara umum adalah
berupaya untuk semakin meningkatkan ketakwaan para siswa secara signifikan,
sedangkan tujuan secara khusus adalah :
1.
Budi pekerti
atau akhlak karimah siswa semakin meningkat
2.
Kemampuan
ibadah siswa bertambah baik dan tertib melalui latihan dan
pembiasaan-pembiasaan
3.
Memacu kemampuan
membaca dan hafalan al Qu’an para siswa
4.
Siswa mampu
menyampaikan ajakan baik/dakwah kepada orang dengan baik
C.
Program
kegiatan
Untuk mencapai tujuan di atas, bidang pengembangan ketakwaan
mencanangkan program kegiatan sebagai berikut :
a.
Program harian
1). Ucapkan salam dan
berjabat tangan dengan guru
Dengan saling mendoakan dan bejabat tangan
ini harapannya agar
ikatan batin antara siswa dan guru semakin
kuat serta menumbuh
kan ketakdziman/rasa
hormat siswa terhadap guru
2). Tilawah Qur’an
Tatkala orang mendengarkan bacaan qur’an maka
hatinya cende
rung merasa tentram. Pagi hari selama 30 menit sebelum siswa
masuk kelas diperdengarkan tilawah qur’an yang dibaca oleh
siswa
secara bergilir, sehingga siswa dapat mulai belajarnya de
ngan perasaan nyaman
dan tertram
3). Sholat dhuha
Pagi sebelum masuk kelas atau di sela jam kosong, saat istirahat,
maupun yang diagendakan guru, amat diharapkan siswa
melakukan sholat dhuha. Ketika siswa mengawali belajarnya
dengan sholat dan juga dalam keadaan suci
karena berwudzu saat
akan sholat, insya
Alloh akan memudahkan baginya dalam
menerima pelajaran
4). Do’ a memulai dan
mengakhiri pelajaran
Pembelajaran diawali dan diakhiri dengan do’ a
yang distandarkan
dan
diharapkan dibaca bersama dan dipandu oleh siswa secara
bergantian
5). Baca Qur’an setelah
berdo’a
Setiap satu minggu setelah do’a mulai
pelajaran siswa diajak
membaca qur’an 1 surat juz ‘ama yang dipandu guru atau dari
pengeras untuk mempercepat hafalan siswa
6). Belajar membaca al qur’an, hafalan al qur’an, hafalan hadist
pendek dan do’a harian
Dimaksudkan untuk
memperbaiki bacaan qur’an menambah
hafalan
secara terprogram, mengamalkan do’a harian serta
menambah kemampuan
serta ketrampilan siswa dengan hafalan
hadist-hadist pendek
7). Sholat jamaah dhuhur
Rangkaian kegiatan sholat jamaah dhuhur ini
meliputi, sholat
tahiyat masjid, azan dan iqomah, sholat
qobliah, sholat jama ah
dhuhur, kultum dan sholat ba’diah dhuhur
8). Belajar baca tulis al
qur’an di masing-masing desa siswa
Kerja sama yang telah dirintis saat bulan
romadhon di masing-
masing desa asal siswa
akan ditindak lanjuti, dengan pemantauan
dari guru pendamping dan orang tua siswa
secara reguler
9). S 4 (Sodaqoh sehari seribu seikhlasnya) Mendidik untuk senang memberi
harus dimulai sejak kecil. Bahkan sedini mungkin seorang anak dibudayakan senang tangn di atas dari pada tangn di bawah.
9). S 4 (Sodaqoh sehari seribu seikhlasnya) Mendidik untuk senang memberi
harus dimulai sejak kecil. Bahkan sedini mungkin seorang anak dibudayakan senang tangn di atas dari pada tangn di bawah.
b.
Program
Mingguan
1). Yasinan
Setiap hari jum’at siswa diajak bersama-sama
membaca surat
yasin dalam rangka memperbanyak amalan di hari
jum’at juga
untuk menghafal surat
yaasiiin
2). Kultum siswa di saat
apel pagi
Saat apel pagi dalam satu minggu siswa di beri
kesempatan untuk
Menyampaikan
kultum di hadapan teman-temannya, dewan guru
dan
staf TU
3). Sholat jamaah Jum’at
Siswa diwajibkan untuk mengikuti sholat
Jum’at di sekolah
4). Infak Jum’at
Setiap hari Jum’at seusai membaca surat yasin
semua siswa dari
tiap-tiap kelas mengumpulkan
infak, kemudian di data oleh
Pengurus OSIS dan
diserahkan kepada bendahara infak
c.
Program bulanan
1). Membuat materi kultum
Satu bulan sekali siswa diberi tugas untuk
membuat materi
kultum dengan pengendali
dari guru agama dan bahasa Indonesia.
Materi kultum yang layak akan ditampilkan
penyampai kultum
dan dbukukan dalam buku kempulan materi kultum
2). Pemantauan kegiatan baca
tulis qur’an di desa asal siswa
Dilakukan oleh guru atau TU yang ditugasi
oleh sekolah
d.
Program
semester/tahunan
1). Emotional Spriritual
Quotient/E S Q
Dilaksanakan awal smester ganjil dan akhir smester genap. Di
awal semester ganjil dalam
rangka memberi motivasi awal pada
peserta didik baru
sedang di akhir smester genap dimaksudkan
untuk menguatkan motivasi belajar siswa dalam menempuh
ujian
2). Silaturahmi dengan guru
dan tokoh
Di anjurkan kepada siswa
saat Hari Raya Lebaran atau saat
menjelang ujian untuk silaturahmi kepada guru
atau tokoh di
seputar wilayah siswa
serta gurunya saat sekolah di SD
3). Istighosah
Do’a bersama minta pertolongan kepada yang
maha kuasa Alloh
ta’ala, agar diberi kemudahan
dan kelancaran dalam menempuh
ujian bagi kelas 9 sehingga berhasil lulus
semua dengan prestasi
terbaik. Istighosah dilaksanakan dua kali,
yakni do a bersama adik
kelasnya kelas 7 dan kelas 8. Sedangkan
istighosah yang kedua,
do’a minta
pertolongan, bersama orang tua atau wali siswa.
4). PHBI
Untuk kegiatan Peringatan Hari Besar Islam
jadwal serta bentuk
kegiatan menyesuaikan situasi dan kondisi
5). Kegiatan Seputar Romadhon
Rangkaian kegiatan romadhon ini meliputi
pesantren kilat
(dengan menitipkan sejumlah
siswa yang dipilih untuk mengikuti
program
sanlat di pondok pesantren tertentu), pondok romadhon,
nuzulul qur’an yang ditandai simaan qur’an dan
buka
bersama, ngaji di desa asal siswa, serta pengumpulan dan pemba
gian zakat fitrah.
6). Idul Qurban
Untuk kegiatan Idul Qurban akan dilaksanakan
sholat Idul Adha di
sekolah
serta Penyembelihan hewan kurban. Ditargetkan kurban 2
ekor lembu yang dihimpun dari siswa, guru dan TU
7). Santunan Peduli Kasih
Setiap smester menjelang UKK atau ujian bagi
siswa yang
seragamnya sudah tidak layak pakai dan ia
memang pantas untuk
dibantu akan dicukupi
dari program ini
8). Buber Dengan Menu Nasi
Jotos/Pecel
Selama bulan Romadhon di masjid “Nurul Ilmi”
disiapkan nasi
jotos untuk buka bersama
sejumlah yang memungkinkan
9). Penyiapan Guru
Ngaji Sekaligus Sebagai Takmir
Dalam rangka menopang program klas tahfidz
dibutuhkan
minimal satu orang guru ngaji/ustadz yang
mumpuni serta
bersedia mukim di Masjid sekaligus sebagai
takmir
10). Bakti Sosial
Satu semester sekali perwakilan siswa
mengadakan bakti sosial
di desa yang ditentukan dalam bentuk membantu
kebersihan
lingkungan masjid serta menyerahkan bantuan
alat kebersihan
atau bentuk lainnya
11). Layanan bimbingan mengaji untuk kelas 5 dan kelas 6 SD/MI
Di
Masjid “Nurul Ilmi” dibuka layanan bagi siswa kelas 5 atau 6
SD/MI yang ingin belajar mengaji/TPA
12). Hafalan Juz ‘amma
Seusai belajar di SMPN 1 Karangrejo setiap
siswa ditargetkan
mampu hafal juz 30. Tiap semester ada
tagihan-tagihan hafalan
yang harus dipenuhi siswa melalui guru yang
ditugaskan
13). Kelas Tahfidz/Rohis
Standar kompetensi lulusan untuk kelas
tahfidz ini meliputi :
a)
Hafal 2 juz
b)
Hafal 50 hadist
pendek
c)
Hafal doa
harian
d)
Trampil
khutbah/muhadzoroh
e)
Mampu membuat
karya tulis islam
f)
Memiliki
dasar-dasar pengetahuan akidah akhlak dan fikih
g)
Terampil jadi
imam
D.
Penutup
Program pengembangan ketakwaan ini baru merupakan paparan pokok,
belum menyentuh sampai pada tataran teknis. Perlu pula disadari bahwa program
pengembangan ketakwaan ini bukan hanya menjadi proporsi dari guru agama semata,
tetapi menjadi tanggung jawab bersama. Tingkat
keberhasilannya sangat ditentukan banyak faktor, baik sarana, dukungan biaya, utamanya kepedulian
dari segenap dewan guru maupun pendamping.
Sehubungan dengan itu untuk menyiapkan generasi terbaik yang kita
impikan, amat diharapkan partisipasi,
dukungan, kepedulian serta rasa tanggung jawab dari semua fihak.
Semoga kita selalu diberi kekuatan serta kemudahan oleh Alloh yang
maha kuasa dalam melaksanakan niatan baik kita bersama ini serta senantiasa dalam ridhoNya. Aamiiin.
Karangrejo, Juni 2016
|
|
Kepala
SMP Negeri 1 Karangrejo
Drs.
EDY SISWANTO, M.Pd
NIP.19620214
198803 1 011
|
Koord. Pengembang Ketakwaan
Drs. M U H A D I
NIP. 19630522 199703 1 002
|
Komentar
Posting Komentar