Langsung ke konten utama

PANDUAN BELAJAR DARI RUMAH DI MASA DARURAT PANDEMI COVID – 19 SMP NEGERI 1 KARANGREJO

PANDUAN BELAJAR DARI RUMAH

DI MASA DARURAT PANDEMI COVID – 19

SMP NEGERI 1 KARANGREJO

2020

 

 

  www.smp1karangrejo.blogspot.co.id 

PEMERINTAH KABUPATEN MAGETAN

DINAS PENDIDIKAN, KEPEMUDAAN, DAN OLAH RAGA

SMP NEGERI 1 KARANGREJO

Jl. Raya Desa Pelem Kec. Karangrejo Kab. Magetan 63395 Tlp. (0351) 869433/8630054,E-mail. karangrejo.smpn1@gmail.com

www.smp1karangrejo.blogspot.com

Menindaklanjuti Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri melalui siaran Pers yang tertuang dalam Nomor : 137/sipres/A6/VI/2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19, Satuan Pendidikan di Zona Kuning, Orange dan Merah dilarang melakukan Pembelajaran Tatap Muka, untuk itu SMP Negeri 1 Karangrejo melaksanakan pembelajaran di tengah pandemi COVID-19 adalah sebagai berikut :

 

1. Prinsip Kebijakan Pendidikan di masa pandemi COVID-19 adalah dengan memprioritaskan Kesehatan

    dan Keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat.

2. Tahun Ajaran Baru 2020/2021 di masa pandemi COVID-19 tetap dimulai tgl. 13 Juli 2020

3. Pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 diutamakan Belajar Dari Rumah (BDR) dengan

    metode Pembelajaran Jarak Jauh dan dengan sistem pembelajaran sebagai berikut :

    A. Daring (Dalam Jaringan) atau Online

        - SMPN 1 Karangrejo merancang Pembelajaran Daring dengan menggunakan Google Classroom

        - Pembuatan Video pembelajaran

        - Pembuatan Modul, pembahasan dan penugasan oleh guru, yang disampaikan ke seluruh peserta didik

          melalui grup wali kelas atau guru kelas, orang tua dengan memanfaatkan WA. 

        Media pembelajaran daring sudah disediakan berbagai sumber dan tautan berikut ini :

 

No.

SUMBER DAN MEDIA

TAUTAN

1.

Rumah belajar oleh Pusdatin Kemendikbud

https://belajar.kemdikbud.go.id

2.

TV Edukasi Kemdikbud

https://tve.kemdikbud.go.id/live

3.

Pembelajaran Digital oleh Pusdatin dan SEAMOLEC Kemendikbud

http://rumahbelajar.id

4.

Tatap muka daring program sapa duta rumah belajar Pusdatin Kemendikbud

Pusdatin.webek.com

5.

LMS SIAJAR oleh SEAMOLEC Kemendikbud

http://lms.seamolec.org

6.

Aplikasi daring untuk paket A,B,C.

http://setara.kemdikbud.go.id/

7.

Guru Berbagi

http://guruberbagi.kemdikbud.go.id

8.

Membaca Digital

http://aksi.puspendik.kemdikbud.go.id/membacadigital

9.

Video pembelajaran

http://video.kemdikbud.go.id

10.

Suara edukasi Kemendikbud

https://suaraedukasi.kemdikbud.go.id/

11.

Radio edukasi Kemendikbud

https://radioedukasi.kemdikbud.go.id/

 

 

 

 

 

 

 

12.

Sahabat Keluarga – Sumber informasi dan bahan ajar pengasuhan dan pendidikan keluarga

https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/

14.

Buku Sekolah elektronik

https://bse.kemdikbud.go.id/

15.

Mobile edukasi Bahan Ajar multimedia

https://m-edukasi.kemdikbud.go.id/medukasi

16.

Sumber bahan ajar siswa SD,SMP,SMA dan SMK

https://sumberbelajar.seamolec.org

16.

Kursus daring untuk Guru dari SEAMOLEC

http://mooc.seamolec.org/

17.

Kelas daring untuk siswa dan mahasiswa

http://elearning.seamolec.org/

18.

Repositori Institusi Kemendikbud

http://repositori.kemdikbud.go.id

19.

Jurnal daring Kemendikbud

https://perpustakaan.kemdikbud.go.id/jurnal.kemdikbud

20.

Buku digital open-access

http://pustaka-digital.kemdikbud.go.id

21.

EPERPUSDIKBUD (Google Play)

http://bit.ly/eperpusdikbud

               

     B. Luring (luar jaringan) atau offline

         - Guru membuat modul pembelajaran/berasal dari MGMP yang berisi pembahasan dan penugasan

            untuk diberikan kepada peserta didik pada setiap minggunya melalui :

                a. Membagikan modul : orangtua mengambil tugas setiap minggu ke Sekolah

                b. Siswa dari perwakilan desa/kel. mengambil tugas ke sekolah, kemudian membagikannya

                  (membuat grup WA di desa/kelurahan tempat tinggal siswa untuk memudahkan mengambil

                  tugas)

                c. Kunjungan guru terhadap komunitas tempat tinggal siswa.

                    - Tugas guru :

                      1. Guru Mata Pelajaran harus memberitahukan Tugas, nama siswa, dan kelas kepada Bpk/Ibu

                        guru yang mempunyai tugas di wilayah masing-masing

                      2. Menghimpun tugas yang harus dikerjakan oleh siswa secara manual berdasarkan wilayah                             tempat tinggal Bpk/Ibu guru dan membagikannya

                      3. Bpk/Ibu guru yang mempunyai tugas di wilayah yang telah ditunjuk menyerahkan hasil

                          tugas siswa ke masing-masing wali kelas

                      4. Guru berkunjung dua minggu sekali ke rumah siswa yang ditunjuk untuk tempat belajar

                      5. Penilaian oleh guru mata pelajaran

                    - Tugas Siswa

                       1. Menerima tugas dari guru mata pelajaran

                       2. Tugas diambil siswa di rumah guru yang telah ditunjuk dimasing-masing desa/kelurahan

                      3. Apabila di desa/kelurahan tidak adak guru yang ditugasi maka siswa bisa minta ke desa

                        terdekat yang ada guru yang diberi tugas

                       4. Tugas dikumpulkan 1 minggu sekali kepada guru yang ada di desa/kelurahan

                       5. Menerima hasil tugas yang telah dikumpulkan sebagai dokumen  

                    Pembagian tugas guru (luring) 

NO.

DESA/KELURAHAN

NAMA GURU

1.

Desa Pelem

1. Hando Susanto, S.Pd.

2. Slamet Basuki, S.Pd.

3. Dra. Jamiati Takariana

4. Sriani Pujiastuti, S.Pd.

5. Uswatun Khasanah, S.Pd.I.

2.

Kelurahan Manisrejo

1. Lilik Sri Septyorini, S.Pd.

2. Rita Siswani, S.Pd.

3. Sutarto, S.Pd., M.Si

3.

Desa Prampelan

1. Wiwik Winarsih, S.Pd.

2. Ratna Fitri Astuti, S.Pd.

3. Agustina Retno Ambarwati, S.Pd.

4. Shandy Septian I., S.Pd.

4.

Desa Temenggungan

1. Mamik Iswahyudi, S.Pd.

2. Muhamad Abdul Wahid, S.Pd.I.

5.

Desa Mantren

1. Drs. Muhadi

2. Muning Hartiwi, S.Pd.I.

3. Tutik Susi Rahayu, S.Pd.

6.

Kelurahan Karangrejo

1. Pujiran, S.Pd.

2. Anike Sri Wulandari, S.Pd.

3. Wahyu Trisno Legawa, S.Pd.

4. Anita Dwi Purwaning, S.Pd.

7.

Desa Temboro

1. Eko Yulianto, S.Pd., M.Pd.

2. Siti Mudjajati, S.Pd.

8.

Desa Jungke

1. Kaseli Eko Sasongko, S.Pd.

9.

Desa Kuwon

1. Andras Winarso, S.Pd.

10.

Desa Taji

1. Masitah, S.Pd.

11.

Desa Sobontoro

1. Arum Subiati, S.Pd.

 

                d. Kerjasama dengan pengelola Masjid yang berada disekitar tempat tinggal siswa :

                  dengan tujuan untuk memberikan pembiasan agar anak suka ke Masjid untuk mengikuti shalat

                  berjamaah, mengaji dan kegiatan masjid yang lain seperti mengumandangkan adzan, iqomah dll  

                (Penilaian Sikap)

              e. Kerjasama dengan Kepala Desa/Perangkat Desa

                     Menerima tugas dari pihak Sekolah untuk dibagikan ke siswa SMP 1 Karangrejo yang berada di

                  desa/kelurahan tersebut ataupun siswa mengambil tugas di Balai Desa/Kelurahan.

                f.  Kerjasama dengan orangtua/wali murid untuk memantau kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh

                  dengan mengisi laporan pemantauan kegiatan Pendidikan Jarak Jauh SMP 1 Karangrejo

 

     C. Pembelajaran campuran

         Gabungan antara pembelajaran daring dan pembelajaran luring disesuaikan dengan kemampuan guru

         dan siswa.  

4. Pelaksanaan Belajar dari rumah oleh Guru

    Guru memfasilitasi pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring,luring maupun kombinasi

    keduanya sesuai kondisi dan ketersediaan sarana pembelajaran.

    Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru pada saat pelaksanaan Belajar dari Rumah yaitu :

    a. Menyusun RPP jarak jauh, dengan memperhatikan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020.

        Proses Belajar dari Rumah dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

·         Belajar dari Rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan;

·         Belajar dari Rumah dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19;

·         Aktivitas dan tugas pembelajaran Belajar dari Rumah dapat bervariasi antarsiswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/fasilitas belajar di rumah;

·         Bukti atau produk aktivitas Belajar dari Rumah diberi umpan balik yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru, tanpa diharuskan memberi skor/nilai kuantitatif

    b. Bekerja sama dengan orang tua peserta didik dengan membuat group WA sebagai media komunikasi   dan interaksi pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

    c. Mendata ketersediaan sarana yang dimiliki peserta didik untuk PJJ,missal : gawai, laptop, computer,   dan  akses internet. Bagi peserta didik yang tidak memiliki gawai untuk pembelajaran daring, guru  menyediakan materi pembelajaran yang sama secara manual dan akan didistribusikan kepada peserta  didik dengan memperhatikan protokol kesehatan

    d. Memantau peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran baik daring,luring, maupun kombinasi

         (mengisi lembar pemantauan)

    e. Mendokumentasikan hasil pembelajaran jarak jauh dari peserta didik setiap minggu sekali dalam

        bentuk  file

    f. Membuat laporan pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh kepada Kepala Sekolah setiap minggu sekali

 

5. Pelaksanaan Belajar dari rumah oleh Peserta Didik

    Selama pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh, peserta didik tetap berada di rumah dan melakukan

    kegiatan :

    a. Menyimak semua kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) baik secara daring maupun luring, sesuai

        jadwal yang sudah disepakati  dengan guru

    b. Mengerjakan dan mengumpulkan semua tugas yang diberikan oleh guru sebagai refleksi hasil

        pembelajaran sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh guru

    c. Mengisi lembar pemantauan yang telah diberikan dan diberi tandatangan

    d. Segera koordinasi dengan guru apabila mengalami kesulitan dalam bentuk apapun yang berkaitan

        dengan Pembelajaran Jarak Jauh , agar kendala tersebut dapat segera dicarikan jalan keluarnya

 

6. Pelaksanaan Belajar dari rumah oleh Orang Tua/Wali Peserta Didik

    Langkah-langkah orang tua/wali peserta didik selama PJJ diantaranya adalah :

    a. Selalu mendampingi peserta didik pada saat pembelajaran daring, luring maupun mengisi lembar

        pemantauan

    b. Selalu mengadakan koordinasi dengan Guru ataupun Kepala Sekolah jika terdapat kendala dalam

        bentuk  apapun selama kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh sehingga kendala tersebut dapat segera

        terselesaikan dan tidak mengganggu  pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh

 

7. Penilaian Pengetahuan dan Ketrampilan dilakukan melalui penilaian penugasan dalam modul dan

    penilaian  online melalui google classroom / google form

 

8. Penilaian sikap dilakukan dengan penugasan pembiasaan sholat, membaca al Qur’an, Kemandirian, dan    kesedian membantu orang tua ( diberi format tentang tugas yang harus diberikan ke siswa  )

Monggo bapak ibu untuk dikritisi dan saran serta masukan untuk sempurnanya program tanggap darusurat pembelajaran dimasa COVID 19.

Semoga Maagetan semakin terdepan.


Tim pengembang pembelajaran dimasa covid 19 SMPN 1 Karangrejo

Pengarah :  Drs. Eko Kaseli

Ketua        : Yuni Sulistyowati 

 
 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Mabit (Majelis Bimningan Iman dan Taqwa)

PROPOSAL MABIT No surat            :  03 / Rohis / 02 /2018 Hal                   : Pengadaan acara MABIT (Majelis Bina Iman dan Taqwa) Lampiran         : - Kepada                             Yth.  Kepala Sekolah ……………………. Di Sekolah       Assalam u’alaikum, Wr, Wb. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt , yang senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga panitia penyelenggara dapat menyelesaikan rencana proposal ini yang bertema “Membentuk Karakter Religius Anak Bangsa” Proposal ini disusun guna memenuhi salah satu rencana kegiatan di SMPN 1 Karangrejo. Disamping itu, penulisan proposal ini juga merupakan sarana untuk menambah wawasan dan pengetahuan panitia penyelenggara tentang macam-macam fungsi dan kegunaan acara ini di selenggarakan. Panitia penyelenggara menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna karena itu panitia mengharapkan kritik dan saran untuk dapat membuat yang lebih baik lagi .semoga proposal ini dapat terlaksana d

Peningkatan Prestasi Anak Melalui Warung Belajar di SMP N 1 Karangrejo

Warung belajar adalah tempat belajar kelompok di rumah.

Puisi Belajar Dari Rumah