Langsung ke konten utama

Penguatan Pendidikan Karakter Rena Mandi in the Got SMPN 1 Karangrejo Melalui S 4


Pendidikan Karakter dimana-mana selalu menjadi pembicaraan yang hangat. Karakter RENA MANDI IN THE GOT (Religius, Nasionalis, Mandiri, Integritas, Gotong royong) harus ditanamkan sejak anak dimulai dari lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat.
Penguatan pendidikan karakter bisa melalui banyak kegiatan.  Salah satunya adalah S4 (Sehari Sodaqoh Seribu Saja). Pada awalnya anak-anak dan juga bapak ibu guru merasa gerah. Saya sendiri sebagai pencetus ide juga risih. “Ben dino kok nglumpukne duit”. Namun karena sebuah impian untuk membentuk karakter religius dengan suka sedekah, akhirnya program itu dilakukan. Dengan berjalannya waktu dan pencerahan setiap hari serta pengajian rutin ahad pagi , maka program S 4 berjalan lancar sampai sekarang. Bahkan sekolah lain mengikuti program ini.
Kita sebagai umat bergama seharusnya memberikan sebagian rezekinya untuk orang lain. Di dalam Al Quran surat Al-Munafiqun: 10.  “Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh.” Makna dari surat di atas dapat menjadi pelajaran bagi kita semua, kita tidak mengetahui kapan akan kembali kepada-Nya. Maka apa yang sudah kita persiapkan sebelum waktu itu tiba. Bila ternyata belum, jangan sampai menyesal seperti dalam mayit yang meminta dihidupkan kembali hanya untuk bersedekah.

Sedekah sehari seribu saja, tidak hanya dilakukan oleh anak didik, tetapi semua warga sekolah. Bahkan orang tua wali santri juga ikut peduli dengan S 4. Akhirnya alumnipun juga bersemangat untuk bersedekah.
Dari S 4 ini dapat membangun masjid hampir 1 milyar dan banyak nilai pembelajaran yang kita peroleh, diantaranya:
1.    Melatih mengurangi sebagian rezeki.
2.    Membantu orang lain.
3.    Melatih bersyukur. Tuhan akan melipatgandakan bagi umatnya yang bersyukur
4.    Melatih anak Berjiwa Besar melatih anak untuk  suka menolong,
5.    Melatih anak untuk senang Tangan diatas daripada tangan di bawah
6.    Melatih anak untuk mengurangi barang yang dicintai.
7.    Melatih anak untuk menjadi ustad walaupun hanya di depan temannya sendiri.
8.    Melatih anak berorganisasi
9.    Melatih anak untuk tertib
10.                       Melatih anak untuk mengatur keuangan
11.                       Melatih anak untuk berkomunikasi
12.                       Melatih anak saling bekerja sama
Akhirnya, SMP 1 Karang Rejo memiliki Masjid yang besar. Masjid Nurul Ilmi ini dapat menampung semua warga sekolah dan masyarakat sekitar.


Inilah  salah satu laporan S 4 


Melatih Mengumumkan S 4 di depan Kelas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Mabit (Majelis Bimningan Iman dan Taqwa)

PROPOSAL MABIT No surat            :  03 / Rohis / 02 /2018 Hal                   : Pengadaan acara MABIT (Majelis Bina Iman dan Taqwa) Lampiran         : - Kepada                             Yth.  Kepala Sekolah ……………………. Di Sekolah       Assalam u’alaikum, Wr, Wb. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt , yang senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga panitia penyelenggara dapat menyelesaikan rencana proposal ini yang bertema “Membentuk Karakter Religius Anak Bangsa” Proposal ini disusun guna memenuhi salah satu rencana kegiatan di SMPN 1 Karangrejo. Disamping itu, penulisan proposal ini juga merupakan sarana untuk menambah wawasan dan pengetahuan panitia penyelenggara tentang macam-macam fungsi dan kegunaan acara ini di selenggarakan. Panitia penyelenggara menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna karena itu panitia mengharapkan kritik dan saran untuk dapat membuat yang lebih baik lagi .semoga proposal ini dapat terlaksana d

Puisi Belajar Dari Rumah

Hari Pertama PPDB

PENGUMUMAN SEMENTARA HARI I PENERIMAAN CALON PESERTA DIDIK BARU (PPDB) TAHUN PELAJARAN 2017/2018 No. No. Pdf NAMA PESERTA Gender Tpt. TGL Lahir Asal Sekolah Th. NUN Jml Nilai     1 001 NOVIANI ANANDA PUTRI   P MAGETAN 07/01/2004 SDN MANISREJO 1 2017 187 187 2 002 SATRIO BAGUS PRAMUDYO L   MAGETAN 25/04/2005 SDN MANISREJO 1 2017 171 171 3 003 NOVA FITRI NUR SHOLEHAH   P MAGETAN 22/11/2004 SDN MANISREJO 1 2017 212 211.5 4 004 NADHESKI SATYA V. B. L   MAGETAN 11/12/2004 SDN MANISREJO 1 2017 201 200.5 5 005 KAREN NURUL HIDAYAH   P MAGETAN 10/09/2004 SDN MANISREJO 1 2017 189 189 6 006 NESYA