Langsung ke konten utama

PROGRAM SEKOLAH BERNUANSA PONDOK PESANTREN SMPN 1 KARANGREJO MAGETAN

PROGRAM PENGEMBANGAN KETAKWAAN SMPN 1 KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017
A.   Latar Belakang

Ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa adalah muara akhir bagi setiap insan yang ingin menjadi yang terbaik serta memperoleh kemuliaan di sisi Alloh Subhanahu wa ta’ala. Sebagaimana diberitakan olehNya : “bahwa sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu sekalian di sisi Alloh Swt adalah orang yang paling takwa diantara kamu sekalian”.

Manusia takwa adalah mereka yang mempunyai karakter Iman atau yakin tentang adanya perkara yang ghoib (iman kepada Alloh, Malaikat, syetan, surga dan neraka dan perkara ghoib lainnya), menegakkan sholat, menginfakkan sebagaian rizki yang dikaruniakan Alloh ta,ala kepadanya, percaya kepada Al Qur’an sebagai petunjuk hidup yang diturunkan melalui rosul Muhammad Sholallohu ‘Alaihi Wasalam, mempercayai bahwa Alloh Ta’ala juga telah menurunkan kitab-kitab sebelumnya, dan mereka yang meyakini bahwa akherat adalah alam abadi tempat kembalinya kelak.
Sosok manusia muttaqin adalah juga orang-orang yang tetap peduli kepada orang lain baik di kala longgar maupun di saat sempit, yang mampu mengendalikan amarah, suka memaafkan kesalahan orang lain, suka banyak mohon ampunan atas dosa dan kesalahannya  kepada Alloh yang maha pengampun serta bertekad kuat untuk tidak mengulangi dosa dan kesalahannya itu, kemudian  banyak berdzikir mengingatNya. Mereka itulah orang-orang terpilih yang akan dikaruniai Alloh ta’ala rahmatNya, ampunanNya serta tempat kembali yang membahagiakan dan menyenangkan tanpa batas waktu.
Grant desain SMPN 1 Karangrejo dengan programnya, sekolah yang bernuansa pesantren, ingin menyiapkan siswa-siswa mempunyai standar ketakwaan yang semakin meningkat baik, yang terwujud dalam semangat ketaatan ibadahnya serta tercermin dalam akhlak karimahnya atau budi pekertinya yang baik. Dengan ibadah yang baik, serta akhlaknya yang mulia diyakini prestasi-prestasi yang lain akan lebih mudah digapai.

B.   Tujuan

Tujuan bidang pengembangan ketakwaan ini secara umum adalah berupaya untuk semakin meningkatkan ketakwaan para siswa secara signifikan, sedangkan tujuan secara khusus adalah :
1.     Budi pekerti atau akhlak karimah siswa semakin meningkat
2.     Kemampuan ibadah siswa bertambah baik dan tertib melalui latihan dan pembiasaan-pembiasaan
3.     Memacu kemampuan membaca dan hafalan al Qu’an para siswa
4.     Siswa mampu menyampaikan ajakan baik/dakwah kepada orang dengan baik

C.   Program kegiatan

Untuk mencapai tujuan di atas, bidang pengembangan ketakwaan mencanangkan program kegiatan sebagai berikut :

a.     Program harian

1).  Ucapkan salam dan berjabat tangan dengan guru
       Dengan saling mendoakan dan bejabat tangan ini harapannya agar
       ikatan batin antara siswa dan guru semakin kuat serta menumbuh
       kan ketakdziman/rasa hormat siswa terhadap guru
2).  Tilawah Qur’an
      Tatkala orang mendengarkan bacaan qur’an maka hatinya cende
       rung merasa tentram.  Pagi hari selama 30 menit sebelum siswa
       masuk kelas diperdengarkan  tilawah qur’an yang dibaca oleh
       siswa secara bergilir, sehingga siswa dapat mulai belajarnya de
       ngan perasaan nyaman dan tertram
3).  Sholat dhuha
       Pagi sebelum masuk kelas  atau di sela jam kosong, saat istirahat,
       maupun yang diagendakan guru,  amat diharapkan siswa
       melakukan sholat dhuha. Ketika   siswa mengawali belajarnya
       dengan sholat dan juga dalam keadaan suci karena berwudzu saat
       akan sholat, insya Alloh akan memudahkan baginya dalam
       menerima pelajaran
4).  Do’ a memulai dan mengakhiri pelajaran
      Pembelajaran diawali dan diakhiri dengan do’ a yang distandarkan
      dan diharapkan dibaca bersama dan dipandu oleh siswa secara
      bergantian
5).  Baca Qur’an setelah berdo’a  
      Setiap satu minggu setelah do’a mulai pelajaran siswa diajak
      membaca qur’an 1 surat  juz ‘ama yang dipandu guru atau dari
      pengeras untuk mempercepat hafalan siswa
6). Belajar membaca al qur’an, hafalan al qur’an, hafalan hadist
      pendek dan do’a harian
      Dimaksudkan untuk memperbaiki bacaan qur’an menambah
      hafalan secara terprogram, mengamalkan do’a harian serta
       menambah kemampuan serta ketrampilan  siswa dengan hafalan
       hadist-hadist pendek
7).  Sholat jamaah dhuhur
       Rangkaian kegiatan sholat jamaah dhuhur ini meliputi, sholat
       tahiyat masjid, azan dan iqomah, sholat qobliah, sholat jama ah
       dhuhur, kultum dan sholat ba’diah dhuhur
8).  Belajar baca tulis al qur’an di masing-masing desa siswa
       Kerja sama yang telah dirintis saat bulan romadhon di masing-
        masing desa asal siswa akan ditindak lanjuti, dengan pemantauan
       dari guru pendamping dan orang tua siswa secara reguler
9).  S 4 (Sodaqoh sehari seribu seikhlasnya) Mendidik untuk senang memberi
       harus dimulai sejak kecil. Bahkan sedini mungkin seorang anak                       dibudayakan senang tangn di atas dari pada tangn di bawah. 

b.     Program Mingguan

1).  Yasinan
       Setiap hari jum’at siswa diajak bersama-sama membaca surat
       yasin dalam rangka memperbanyak amalan di hari jum’at juga
       untuk menghafal surat yaasiiin
2).  Kultum siswa di saat apel pagi
      Saat apel pagi dalam satu minggu siswa di beri kesempatan untuk
      Menyampaikan kultum di hadapan teman-temannya, dewan guru
      dan staf TU
3).  Sholat jamaah Jum’at
       Siswa diwajibkan untuk mengikuti sholat Jum’at di sekolah
4).  Infak Jum’at
       Setiap hari Jum’at seusai membaca surat yasin semua siswa dari
       tiap-tiap kelas mengumpulkan infak, kemudian di data oleh
       Pengurus OSIS dan diserahkan kepada bendahara infak

c.      Program bulanan

1).  Membuat materi kultum
       Satu bulan sekali siswa diberi tugas untuk membuat materi
       kultum dengan pengendali dari guru agama dan bahasa Indonesia.
       Materi kultum yang layak akan ditampilkan penyampai kultum
       dan dbukukan dalam buku kempulan materi kultum
2).  Pemantauan kegiatan baca tulis qur’an di desa asal siswa
       Dilakukan oleh guru atau TU yang ditugasi oleh sekolah

d.     Program semester/tahunan

1).  Emotional Spriritual Quotient/E S Q
       Dilaksanakan awal smester ganjil  dan akhir smester genap. Di
       awal semester ganjil dalam rangka memberi motivasi awal pada
       peserta didik baru sedang di akhir smester genap dimaksudkan
       untuk menguatkan motivasi belajar siswa dalam menempuh ujian
2).  Silaturahmi dengan guru dan tokoh
       Di anjurkan kepada siswa saat Hari Raya Lebaran atau saat
       menjelang ujian untuk silaturahmi kepada guru atau tokoh di
       seputar wilayah siswa serta gurunya saat sekolah di SD
3).  Istighosah
       Do’a bersama minta pertolongan kepada yang maha kuasa Alloh
       ta’ala, agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam menempuh
       ujian bagi kelas 9 sehingga berhasil lulus semua dengan prestasi
       terbaik. Istighosah dilaksanakan dua kali, yakni do a bersama adik  
       kelasnya kelas 7 dan kelas 8. Sedangkan istighosah yang kedua,
       do’a minta pertolongan, bersama orang tua atau wali siswa.
4).  PHBI
       Untuk kegiatan Peringatan Hari Besar Islam jadwal serta bentuk
       kegiatan menyesuaikan situasi dan kondisi
5).  Kegiatan Seputar Romadhon
       Rangkaian kegiatan romadhon ini meliputi pesantren kilat
       (dengan menitipkan sejumlah siswa yang dipilih untuk mengikuti
       program sanlat di pondok pesantren tertentu), pondok romadhon,
       nuzulul qur’an yang ditandai simaan qur’an dan buka
       bersama, ngaji di desa asal siswa, serta pengumpulan  dan pemba
       gian zakat fitrah.
6).  Idul Qurban
      Untuk kegiatan Idul Qurban akan dilaksanakan sholat Idul Adha di
       sekolah serta Penyembelihan hewan kurban. Ditargetkan kurban 2
       ekor lembu yang dihimpun dari  siswa, guru dan TU
7).  Santunan Peduli Kasih
       Setiap smester menjelang UKK atau ujian bagi siswa yang
       seragamnya sudah tidak layak pakai dan ia memang pantas untuk
       dibantu akan dicukupi dari program ini
8).  Buber Dengan Menu Nasi Jotos/Pecel
       Selama bulan Romadhon di masjid “Nurul Ilmi” disiapkan nasi
        jotos untuk buka bersama sejumlah yang memungkinkan
9).   Penyiapan Guru Ngaji  Sekaligus Sebagai Takmir
       Dalam rangka menopang program klas tahfidz dibutuhkan
       minimal satu orang guru ngaji/ustadz yang mumpuni serta
       bersedia mukim di Masjid sekaligus sebagai takmir
10). Bakti Sosial
        Satu semester sekali perwakilan siswa mengadakan bakti sosial
        di desa yang ditentukan dalam bentuk membantu kebersihan
        lingkungan masjid serta menyerahkan bantuan alat kebersihan
        atau bentuk lainnya
11). Layanan bimbingan mengaji untuk kelas 5 dan kelas 6 SD/MI
        Di Masjid “Nurul Ilmi” dibuka layanan bagi siswa kelas 5 atau 6
        SD/MI yang ingin belajar mengaji/TPA
12). Hafalan Juz ‘amma
        Seusai belajar di SMPN 1 Karangrejo setiap siswa ditargetkan
        mampu hafal juz 30. Tiap semester ada tagihan-tagihan hafalan
        yang harus dipenuhi siswa melalui guru yang ditugaskan 
13). Kelas Tahfidz/Rohis
        Standar kompetensi lulusan untuk kelas tahfidz ini meliputi :
a)     Hafal 2 juz
b)    Hafal 50 hadist pendek
c)     Hafal doa harian
d)    Trampil khutbah/muhadzoroh
e)     Mampu membuat karya tulis islam
f)      Memiliki dasar-dasar pengetahuan akidah akhlak dan fikih
g)     Terampil jadi imam

D.   Penutup

Program pengembangan ketakwaan ini baru merupakan paparan pokok, belum menyentuh sampai pada tataran teknis. Perlu pula disadari bahwa program pengembangan ketakwaan ini bukan hanya menjadi proporsi dari guru agama semata, tetapi menjadi tanggung jawab bersama.  Tingkat keberhasilannya sangat ditentukan banyak faktor,  baik sarana, dukungan biaya, utamanya kepedulian dari segenap dewan guru maupun pendamping.
Sehubungan dengan itu untuk menyiapkan generasi terbaik yang kita impikan,  amat diharapkan partisipasi, dukungan, kepedulian serta rasa tanggung jawab dari semua fihak.
Semoga kita selalu diberi kekuatan serta kemudahan oleh Alloh yang maha kuasa dalam melaksanakan niatan baik kita bersama ini  serta senantiasa dalam ridhoNya. Aamiiin.


Karangrejo,     Juni 2016

Kepala SMP Negeri 1 Karangrejo




Drs. EDY SISWANTO, M.Pd
NIP.19620214 198803 1 011

Koord. Pengembang Ketakwaan



 Drs. M U H A D I
NIP. 19630522 199703 1 002



       

       
       


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Mabit (Majelis Bimningan Iman dan Taqwa)

PROPOSAL MABIT No surat            :  03 / Rohis / 02 /2018 Hal                   : Pengadaan acara MABIT (Majelis Bina Iman dan Taqwa) Lampiran         : - Kepada                             Yth.  Kepala Sekolah ……………………. Di Sekolah       Assalam u’alaikum, Wr, Wb. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt , yang senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga panitia penyelenggara dapat menyelesaikan rencana proposal ini yang bertema “Membentuk Karakter Religius Anak Bangsa” Proposal ini disusun guna memenuhi salah satu rencana kegiatan di SMPN 1 Karangrejo. Disamping itu, penulisan proposal ini juga merupakan sarana untuk menambah wawasan dan pengetahuan panitia penyelenggara tentang macam-macam fungsi dan kegunaan acara ini di selenggarakan. Panitia penyelenggara menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna karena itu panitia mengharapkan kritik dan saran untuk dapat membuat yang lebih baik lagi .semoga proposal ini dapat terlaksana d

Puisi Belajar Dari Rumah

Hari Pertama PPDB

PENGUMUMAN SEMENTARA HARI I PENERIMAAN CALON PESERTA DIDIK BARU (PPDB) TAHUN PELAJARAN 2017/2018 No. No. Pdf NAMA PESERTA Gender Tpt. TGL Lahir Asal Sekolah Th. NUN Jml Nilai     1 001 NOVIANI ANANDA PUTRI   P MAGETAN 07/01/2004 SDN MANISREJO 1 2017 187 187 2 002 SATRIO BAGUS PRAMUDYO L   MAGETAN 25/04/2005 SDN MANISREJO 1 2017 171 171 3 003 NOVA FITRI NUR SHOLEHAH   P MAGETAN 22/11/2004 SDN MANISREJO 1 2017 212 211.5 4 004 NADHESKI SATYA V. B. L   MAGETAN 11/12/2004 SDN MANISREJO 1 2017 201 200.5 5 005 KAREN NURUL HIDAYAH   P MAGETAN 10/09/2004 SDN MANISREJO 1 2017 189 189 6 006 NESYA